Golkar Akan Pelopori Terwujudnya Pembentukan PPS


Sulo/Radar Merauke
Yoris Raweyai

MERAUKE- Partai  Golkar akan mempelopori terwujudnya pembentukan Provinsi Papua Selatan (PPS). Untuk mendorong  terwujudnya Provinsi Papua Selatan tersebut,  telah dilakukan pertemuan bupati dan seluruh pengurus Partai Golkar dari 4 kabupaten yang ada di Selatan Papua yakni Merauke, Boven Digoel, Mappi dan Asmat  di swiss belhotel, Merauke, Selasa (25/4) sore.
Plt Ketua DPW Partai Golkar Provinsi Papua Yoris Raweyai,  kepada wartawan seusai pertemuan itu di Merauke  mengungkapkan, pertemuan  antara seluruh pimpinan partai Golkar dari 4 kabupaten di Selatan Papua yang dihadiri langsung oleh para bupati dari 4 kabupaten tersebut adalah  untuk mendorong terwujudnya pemakaran Provinsi Papua Selatan (PPS) . ‘’Ada kerinduan mereka yang belum terwujud selama ini  tentang bagaimaan Papua Selatan ini menjadi provinsi,’’ katanya.
 Yoris mengaku, selama 8 tahun menjadi anggota DPR RI  telah mengikuti proses pemekaran yang diperjuangkan tersebut.  Namun menurutnya,  apa yang diperjuangkan selama ini masih dilakukan  sendiri-sendiri, belum melibatkan seluruh  komponen yang ada di Selatan Papua tersebut.
‘’Proses pemakaran itu ada 2 aspek yang harus kita lihat. Pertama dari aspek perundang-undangan. Kemudian aspek politik,’’   tandasnya. Untuk aspek perundang-undangan, jelas   Yoris,  sesuai undang-undang yang ada minimal 5 kabupaten untuk bisa menuju pemekaran sebuah provinsi. Sementara  untuk proses politik, harus ada will politik atau kemauan politik dari semua stakeholder dari tingkat kabupaten  ke provinsi.
‘’Memang ada perbedaan pandangan antara gubernur dan daerah tentang proses pemekaran daerah ini. Tapi ini perlu adanya kesamaan presepsi dari daerah-daerah yang akan melakukan pemekaran itu. Mereka harus bersatu lalu bersama-sama secara kolektif mendorong ini ke pusat,’’ terangnya.
   Menurut Yoris, dalam pertemuan   yang diinisiasi Parta Golkar tersebut, yang pihaknya bicarakan adalah dari aspek politiknya. ‘’Golkar akan mempelopori itu.   Mencapai target Papua Selatan,’’ tandasnya.
Dikatakan, pada pertemuan  tersebut telah disepakati akan membentuk sekretariat bersama dari unsur politik, unsur birokrasi  untuk bersama-sama membawa ke provinsi selanjutnya ke pusat,’’ terangnya.
Dijelaskan, untuk   bisa mewujudkan cita-cita tersebut perlu presepsi yang sama, semangat idealisme yang sama  dan kerja-kerja kolektif. Karena politik adalah kerja-kerja kolektif.  
Yoris yakin dan percaya dengan kepemimpinan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Merauke Herman Anitu Basik-Basik, akan mampu  menjadi motor penggerak. ‘’Saya  yakin dan percaya dengan leadership dari Pak Herman Anitu Basik-Basik,  beliau akan mampu menggerakan  itu. Golkar akan mempelopori itu,’’ katanya. Apalagi  lanjut Yoris, sebagian  pimpinan partai politik yang ada di Merauke  sebelumnya pernah menjadi bagian dari partai Golkar. ‘’Sehingga itu akan memudahkan kita untuk membangun komunikasi. Karena kita  berangkat dari satu habitat yang punya ideologi dan idealisme untuk membangun daerah ini,’’ terangnya. (ulo)

   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TK Maria Goretti Kunjungi Bandara Mopah

Dua Bahasa Lokal di Merauke Terancam Punah

Letkol Heri Krisdianto: Proxiwor Musuh Bersama