Komisi V Dorong Pembentukan Panja Suku Korowai


Libert/Radar Merauke
Natan Pahabol

MERAUKE-Menyikapi situasi  kondisi pendidikan dan kesehatan masyarakat Suku Korowai yang di sangat memperihatinkan, Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) yang membidangi pendidikan, kesehatan, sosial, pemuda dan olahraga akan mendorong pembentukan panitia kerja (Panja) Suku Korowai.
“Ya, saya akan mendorong itu dalam rapat komisi agar segera dibentuk Panja Suku Korowai ini,” kata anggota Komisi V DPR Papua, Natan Pahabol kepada koran ini, Kamis (30/3) kemarin.
Dikatakan, kondisi yang terjadi di Korowai merupakan cermin situasi dari setiap daerah pedalaman yang ada di Tanah Papua baik itu di gunung, pesisir dan rawa-rawa. Sehingga, hal ini menjadi acuan dari pada pemerintah baik pusat, provinsi dan kabupaten untuk lebih memberikan perhatian kepada masyarakat Papua yang berdomisili di daerah terpencil.
“Ini harus dipikirkan kesehatannya, pendidikannya, sosialnya dan lain sebagainya. Jangan terkesan mengabaikan saudara-saudari kita ini,” ucap Natan Pahabol.
Selain itu kata Natan Pahabol, masyarakat Suku Korowai ini merupakan salah satu destinasi pariwisata di Tanah Papua. Artinya, perlu adanya pembangunan infrastruktur, akademis dan medis di daerah tempat bermukimnya. Sehingga masyarakat Korowai ini juga dapat menikmati pembangunan tanpa menghilangkan nilai budaya lokal setempat.
“Kan banyak orang asing (turis.red) yang datang berkunjung ke hutan selatan Papua untuk bertemu dengan mereka. Masa saat ditemui mereka sakit-sakitan Karena tidak ada sarana kesehatan,” ujarnya.
Politikus Gerindra ini pun menambahkan, khusus untuk daerah atau kabupaten yang wilayah geografisnya dekat dengan pemukiman Suku Korowai agar lebih peduli kepada mereka.

“Seperti Kabupaten Mappi, Asmat dan Yahukimo ini. Mereka kan saudara dan saudari kita juga,” pungkasnya.(nik)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TK Maria Goretti Kunjungi Bandara Mopah

Dua Bahasa Lokal di Merauke Terancam Punah

Letkol Heri Krisdianto: Proxiwor Musuh Bersama