KPA Merauke Harap Sirkumsisi Dilaksanakan Tahun Ini


Libert/Radar Merauke
Tuban Sriyono

MERAUKE-Guna menekan dan mencegah penyakit kelamin pada kaum pria, Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Kabupaten Merauke berharap agar pelaksanaan sirkumsisi di Kabupaten Merauke dilakukan tahun ini.
“Ya, kami dari KPA Kabupaten Merauke besar harap sirkumsisi dapat dilakukan tahun ini,” kata sekertaris KPA Kabupaten Merauke, Tuban Sriyono kepada koran ini, Kamis (30/3) kemarin.
Dikatakan, untuk pelayanan teknis sirkumsisi akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke. Pihaknya hanya sebagai penghubung, koordinasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat khususnya masyarakat adat.
“Kami hanya mensosialisasikan sirkumsisi saja kepada masyarakat lebih khususnya masyarakat adat. Kalau teknisnya nanti dari Dinas Kesehatan,” ucap sekertarsi KPA, Tuban Sriyono.
Dalam mensosialisasikan sirkumsisi ke masyarakat kata Tuban Sriyono, pihaknya akan menggandeng lembaga atau kelompok adat. Agar sosialisasi yang disampaikan dapat diterima dan dilaksanakan. Sebab, sirkumsisi ini sangat baik bagi kesehatan.
Selain menggandeng kelompok masyarakat adat dalam mensosialisasikan sirkumsisi, lanjut Tuban Sriyono, pihaknya juga akan menggandeng tokoh agama. Sebab berkaca pada sebelumnya di tingkat provinsi masyarakat selalu beralasan terbentur dengan ajaran agama.

“Maka itu, kami akan menggandeng para tokoh agama. Sebab sebelumnya masyarakat menolak sirkumsisi karena tidak sesuai dengan ajaran agama,” pungkasnya.(nik)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TK Maria Goretti Kunjungi Bandara Mopah

Dua Bahasa Lokal di Merauke Terancam Punah

Letkol Heri Krisdianto: Proxiwor Musuh Bersama