Kembangkan Benih, Dinas Pertanian Siapkan Lahan 233 Hektar

Pastikan Benih Padi Terpenuhi

MERAUKE- Tahun ini Dinas Pertanian Kabupaten Merauke memastikan kebutuhan benih padi untuk seluruh petani sawah yang tersebar di Kabupaten Merauke  akan terpenuhi. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Merauke, Toto Haryanto, kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (26/4) kemarin.
“Kami pastikan untuk kebutuhan benih padi di Kabupaten Merauke tahun ini bisa terpenuhi,” katanya.
Dijelaskan, untuk tahun ini lahan yang digarap untuk menangkar benih padi disediakan 233 hektar. Jumlah itu dinilainya lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya disiapkan hanya 70 hektar  lahan. Diharapkan dengan meningkatnya penyediaan lahan benih ini bisa memberikan hasil yang maksimal.
“Kami berharap dari pengangkaran benih ini bisa mencapai hasil yang maksimal sesuai harapan kami,” tuturnya.
Menurutnya, dari luas lahan yang digarap saat ini ditargetkan bisa mencapai hasil sekitar 600 hingga 700 ton benih padi.  Sehingga pembagian benih padi kepada para petani tetap dilakukan berdasarkan ketentuan dari pusat.
“Dari pusat hanya dibolehkan petani itu boleh menerima benih padinya sebanyak 25 kilo gram per hektar,” sebutnya.
Ditambahkan, kekurangan benih yang sering dikeluhkan masyarakat selama ini sebenarnya bukanlah kesalahan dari pemerintah. Sebab jika para petani menanam padi sesuai dengan petujuknya bisa dipastikan kekurangan benih tidak mungkin dikeluhkan petani.
“Para petani kita ini masih belum tepat dalam menanam padi selama ini, metode yang dianjurkan itu harus ditanam dengan metode jarak sekitar 25 hingga 30 cm, bukan dihambur,” pungkasnya. (roy/nik)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TK Maria Goretti Kunjungi Bandara Mopah

Dua Bahasa Lokal di Merauke Terancam Punah

Letkol Heri Krisdianto: Proxiwor Musuh Bersama