Dewan Harapkan Kejadian Tahun Lalu Tidak Terulang

Sulo/Radar Merauke
Ir. Drs. Benjamin Latumahina

Terkait Penyerapan Anggaran 2017

MERAUKE -  Tinggal beberapa hari lagi akan masuk ke bulan Juni. Sementara  penyerapan anggaran khususnya untuk belanja infrastruktur masih sangat minim. Terkait dengan itu, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Merauke  Ir. Drs Benjamin Latumahina  mengungkapkan bahwa pihaknya sudah beberapa kali rapat Badan Keuangan, Bappeda dan  Dinas Pekerjaan Umum yang memiliki anggaran fisik cukup besar  terkait dengan penyerapan anggaran yang masih minim  tersebut. 
‘’Kita harapkan kejadian tahun lalu tidak terulang di tahun 2017 ini.  Karena khusus di Papua, APBD ini masih menjadi instrument utama dalam menggerakan ekonomi masyarakat,’’ kata  Benjamin Latumahina,  ditanya wartawan terkait degan serapan anggaran 2017. 
Menurut  Ben-panggilan akrabnya, bahwa di tahun 2017 serapan anggaran hanya pada kisaran  76,6 persen.  Bahkan ratusan miliar (Rp 223 miliar), Dana Alokasi Khusus  harus dikembalikan ke pusat karena tidak bisa terserap.  Serapan anggaran yang tidak maksimal ini, lanjut   Benjamin Latumahina  karena masalah Unit Layanan Pengadaan (ULP) yang tidak begitu lancar dilaksanakan mengingat pokja-pokja dari dinas tidak didukung dengan  tenaga tehnis yang memiliki basik tehnik sehingga penyiapan  data tentang kerangka  acuan dan lain-lain yang dibutuhkan ULP  tidak disiapkan dengan baik. Hal ini membuat  paket kegiatan  terlambat diumumkan dan tidak dapat dilaksanakan.
Namun demikian, diakui  Benjamin Latumahina, dengan masih adanya pelaksana tugas di sejumlah  Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  yang merupakan  pengguna anggaran di setiap OPD tersebut menjadi salah  satu yang  memperlambat pelaksanaan anggaran. Karena itu, dia berharap proses seleksi jabatan  yang sedang berjalan saat ini  bisa dipercepat  sehingga ada pejabat defenitif.  

‘’Kami dari dewan harapkan kepada pemerintah daerah untuk segera mempercepat proses  seleksi jabatan  itu sehingga OPD yang masih pelaksana tugas bisa  segera defenitif. Sehingga anggaran kita  bisa dilaksanakan cepat juga. Karena ini kita  hampir masuk  semester  dua tahun 2017 ini,’’ tambahnya.   (ulo) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Letkol Heri Krisdianto: Proxiwor Musuh Bersama

TK Maria Goretti Kunjungi Bandara Mopah

Dua Bahasa Lokal di Merauke Terancam Punah