Pantau Wilayah Perbatasan dengan Patroli Sambang Nusa

MERAUKE- Guna memantau dan mengetahui kondisi terkini daerah perbatasan khususnya di wilayah perairan Indonesia bagian timur, maka kepolisian perairan Polres Merauke rutin menggelar patroli Sambang Nusa dan Bimas Pantai terhadap setiap daerah pemukiman dan perbatasan negara Indonesia-Papua New Guinea (PNG).
Kasat Polair Polres Merauke, AKP Sakka mengatakan dengan adanya dua program kegiatan ini setidak-tidaknya dapat menjangkau wilayah Indonesia khususnya yang berada di sekitar daerah perbatasan negara.
“Jadi ada pulau-pulau terluar di wilayah perbatasan Indonesia dan PNG itu yang sampai saat ini masih sulit dijangkau. Kami yakin dengan dua kegiatan ini aktifitas dan keberadaan mereka dapat kami pantau,” kata AKP Sakka, SH ketika ditemui Radar Merauke, Selasa (30/5).
Dijelaskan, kegiatan sambang nusa adalah satu bentuk kegiatan dari kepolisian perairan Indonesia untuk mengunjugi pulau-pulau terluar. Dengan harapan adanya kunjungan itu bisa diketahui dan dipastikan warga yang menetap dan tinggal di pulau-pulau terluar ini masih warga Indonesia.
“Jangan sampai ada warga negara asing yang masuk terus kita tidak mengetahuinya,” ucap Sakka.
Selain kegiatan itu, pihaknya juga memiliki program bina masyarakat pantai (bimas pantai). Dengan adanya kegiatan ini setiap masyarakat Indonesia yang berdiam  di sekitar pantai didaerah perbatasan dapat diberikan informasi dan sosialisasi terkait kedaulatan NKRI.
“Kami juga lakukan pembinaan kepada masyarakat kalau ada pelanggaran hukum itu harus diinformasikan kepada kami. Terhadap masyarakat itu sendiri menjaga keselamatan dan patuh terhadap aturan-aturan yang berlaku berdasarkan aturan hukum NKRI,” pungkasnya. (roy/nik)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TK Maria Goretti Kunjungi Bandara Mopah

Dua Bahasa Lokal di Merauke Terancam Punah

Letkol Heri Krisdianto: Proxiwor Musuh Bersama