Peer Educator Diharapkan Kurangi Resiko HIV


Robert/Radar Merauke
Para delegasi perwakilan BEM dan Senat dari lembaga pendidikan universitas dan sekolah tinggi yang ada di Kabupaten Merauke saat mengikuti sosialiasi Peer Educator Pemuda Luar Sekolah di Hotel Akad Merauke, Rabu (31/5).

MERAUKE- Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Merauke menggelar kegiatan sosialisasi Peer Educator (pendidikan remaja sebaya bagi pemuda luar sekolah) kepada seluruh mahasiswa yang diwakili oleh pengurus BEM dan senat dari masing masing kampus sekota Merauke, di Hotel Akad Merauke, Rabu (31/5).
Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman secara utuh dan terperinci kepada mahasiswa khusus berkaitan dengan kesehatan reproduksi dan bahaya HIV.
Sekretaris KPA Merauke Tuban Sriyono mengatakan, selama ini dalam  menaggulangi HIV di Merauke, mahasiswa tidak terlalu dilibatkan. Padahal mahasiswa dan pelajar saat ini  juga sudah menjadi salah satu sasaran dari penyebaran virus tersebut.  Dengan sosialisasi ini diharapkan mahasiswa yang masih memiliki sikap idealis itu mampu memerangi bahaya virus ini dengan menidaklanjuti dan mentrasferkan ilmu yang didapatkan  itu kepada teman atau kelompok belajarnya.
“Kami sangat berharap, dengan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan ini diharapkan bisa menurunkan angka pengidap HIV dikalangan pelajar dan mahasiswa. Yang saat ini sudah mencapai angka 3,7 persen,” kata Tuban Sriyono ketika ditemui koran ini disela-sela kegiatannya.
Menurut Sriyono, dengan berjalannya kegiatan sosialisasi itu menjadi salah satu pendorong terhadap mahasiswa terutama pengurus BEM dan senat untuk sama-sama terlibat dalam penanggulangan HIV.
“Kami beri materi secara khusus dan  secara detail terutama materi tentang kesehatan reproduksi. Kami pertajam kalau biasanyakan materi-materi hanya HIV secara umum saja. Mereka diharapkan bisa menyampaikan kesan-kesan dan pesan terkait HIV di kampusnya masing-masing,” ujarnya.
Diharapkan , dengan digandengnya mahasiswa sebagai salah satu penggerak untuk menaggulangi bahaya virus ini kiranya dapat dimaksimalkan. Selain itu mahasiswa bisa berperan aktif dalam memerangi bahaya HIV khususnya untuk kalangan remaja dan pelajar di Merauke.
“Kami akan dorong untuk menjadi kelompok peduli HIV di Merauke. Kami akan mendorong mereka untuk berperan lebih aktif,” tambahnya. (roy/nik)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TK Maria Goretti Kunjungi Bandara Mopah

Dua Bahasa Lokal di Merauke Terancam Punah

Letkol Heri Krisdianto: Proxiwor Musuh Bersama