Ribuan SIM C yang Belum Dicetak

Lantaran Pendaftar Belum Lulus Ujian

MERAUKE-Polres Merauke melalui Satuan Lalu Lintas Polres Merauke mencatat, Januari-Mei 2017 sekitar 1000 Surat Izin Mengemudi (SIM) C yang belum dicetak pihaknya. Hal tersebut dikarenakan masih banyak pendaftar dinyatakan tidak lulus dalam proses pembuatan SIM C.
“Sekitar seribuan yang belum kami cetak. Ini karena tidak lulus ujian baik itu ujian teori maupun praktek,” kata Kasat Lantas Polres Merauke, AKP Andyka Aer.SIK saat ditemui koran ini di ruang kerjanya, Sabtu (3/6).
Dikatakan, secara umum selama ini kebanyakan para pendaftar ini gagal dalam ujian teori. Padahal sambung Andyka, ujian teori juga mempengaruhi lulus atau tidaknya pendaftar dalam mengikuti ujian pembuatan SIM.
“Kebanyakan tidak lulus di ujian teori. Kalau ujian teori itu bersifat online setiap beberapa menit itu soalnya diacak, jadi tidak sama semua,” ungkap Andyka Aer.
Andyka berharap, masyarakat yang ingin membuat SIM C alangkah baiknya terlebih dahulu untuk belajar dengan mengakses web yang telah disediakan oleh Korlantas Mabes Polri.
“Iya, bisa belajar dulu melalui web yang telah disediakan. Itu untuk ujian teori, namun untuk ujian praktek bisa belajar di rumah. Sebab, selama ini ada masyarakat yang sudah melakukan tes beberapa kali tapi belum lulus juga,” imbuhnya.
Ketika disinggung tentang kesadaran masyarakat dalam berkendara, Andyka mengatakan kesadaran masyarakat dalam mematuhi peraturan lalu lintas masih sangat minim. Hal tersebut terbukti dengan jumlah pelanggar sebanyak 408 selama operasi patuh matoa.
“Dua minggu saja 408 pelanggar. Kebanyakan lagi pelajar dan tidak memiliki SIM,” ujarnya.
Ditambahkan, pihaknya meminta kepada warga masyarakat khususnya para pengendaran untuk menjadi pelopor keselamatan diri sendiri. Dengan cara melengkapi surat berkendara, dan mematuhi peraturan dan rambu lalu lintas.(nik)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Letkol Heri Krisdianto: Proxiwor Musuh Bersama

TK Maria Goretti Kunjungi Bandara Mopah

Dua Bahasa Lokal di Merauke Terancam Punah